Tambak Boyo


Embung Tambakboyo

Yogyakarta memang sangat kaya dengan wisata air, salah satunya adalah Bendungan Air Embung Tambakboyo. Embung Tambakboyo merupakan salah satu waduk yang berada di wilayah Sleman, Yogyakarta. Waduk ini terletak diantara tiga Desa yaitu Condongcatur, Maguwo dan Wedomartani. Perencanaan  pembangunan embung ini berjalan sejak tahun 2003 sampai tahun 2008. Waduk yang luasnya 7,8 hektar dan volume tampungan sekitar 400.000 m3 ini memiliki wilayah yang cukup luas. Fungsi utama dari waduk ini adalah cadangan dan resapan air tanah untuk warga Bantul, Sleman, Yogyakarta, sebagai sarana pengairan, dan cadangan air untuk PDAM dimasa mendatang. Namun dalam pengembangan waduk ini sering digunakan sebagai sarana rekreasi seperti memancing, berolahraga, bahkan piknik. Air waduk Embung Tambakboyo ini berasal dari sungai Tambak Bayan dan sungai Buntung.

Embung Tambakboyo terletak di Dusun Tambakboyo, Kecamatan Depok Kabupaten Sleman, Yogyakarta atau sekitar 1, 5 kilometer ke utara dari perempatan Ring Road Universitas Pembangunan Nasional (UPN), Yogyakarta. Embung Tambakboyo memang sedikit tersembunyi di balik perkampungan, apalagi jalan masuknya harus terlebih dulu melewati perumahan. Belum banyak petunjuk menuju pintu masuk Embung Tambakboyo. Namun, ada dua jalan masuk utama ke lokasi. Semua berorientasi ke utara, jalur pertama melalui jalan di sebelah Pasar Condongcatur dan kedua melalui Perempatan UPN. Jalur kedua relatif lebih mudah karena selain tak banyak tikungan, kontur tanah yang menurun bisa menjadi petunjuk jalan.
Untuk tiket masuk, pengunjung hanya dikenakan biaya retribusi saja. Untuk mobil Rp 2.000 dan sepeda motor Rp 1.000.

Wilayah sekitar waduk ini telah didesain khusus dengan rapi sehingga memiliki pemandangan yang indah.
Selain sebagai tempat wisata air di Embung Tambakboyo juga bisa di jadikan tempat alternatif memancing yang murah meriah. Ikan yang tersedia antara lain ikan kotes, ikan wader, dan ikan nila.


Suasana di sekitar Embung Tambakboyo juga masih sangat asri di dukung hijaunya tumbuhan yang mengelilingi embung ini. Bahkan bisa menikmati Gunung Merapi dari sini. 

Menjelang sore ditempat ini akan dipenuhi oleh orang-orang yang akan melakukan aktivitas di sore hari seperti lari sore, sepeda santai, atau muda-mudi yang ingin menghabiskan waktu berduaan bersama pasangannya.

Yang tidak kalah menarik di Embung Tambakboyo jika cuaca sore hari cerah adalah, anda dapat menikmati matahari tenggelam dari atas bukit di sisi timur.

You May Also Like

2 komentar

  1. menarik juga, sy baru tahu ada wisata seperti ini di sleman. trims infonya

    BalasHapus
  2. sama-sama :)
    Terima kasih sudah membaca tulisan saya.
    Semoga bs menambah referensi tempat liburan :)

    BalasHapus

GOODREADS

Vicantika (Nurlovi Lestari)'s books on Goodreads
Online Wedding Online Wedding
reviews: 7
ratings: 38 (avg rating 2.95)

Bride Wars Bride Wars
reviews: 2
ratings: 27 (avg rating 3.63)