Ungu

Ungu adalah warna yang lembut, Salah seorang temanku mengatakan bahwa warna ungu adalah sebuah warna misterius, lambang melankolis yang lembut, sedikit feminim dan karena itu dia menyukainya. Mulai dari dinding kamar sampai mobilnya berwarna ungu, tapi kalau band ungu, Hmmmm.. kyknya gak deh.

Di Indonesia warna ungu identik dengan warna janda. Sebuah sumber mengatakan bahwa warna ungu merupakan kombinasi warna biru dan merah. Ungu adalah royalti. Misterius warna, ungu adalah terkait dengan kedua bangsawan dan spiritualitas. Kebalikan dari panas dan dingin, merah dan biru bergabung untuk menciptakan warna menarik ini.

Sebuah mitologi mengatakan bahwa Pantone telah memilih warna Blue Iris (Pantone 18-3943) sebagai 2008 Color of the Year mengatakan kepada kita: "Menggabungkan stabil dan menenangkan aspek biru dengan mistik dan kualitas spiritual ungu, Blue Iris memenuhi kebutuhan akan kepastian dalam dunia yang kompleks, sambil menambahkan sedikit misteri dan kegembiraan. "

Bukti arkeologi paling awal bagi asal-usul pewarna ungu menunjuk ke peradaban Minoan di Kreta, sekitar 1900 SM Kuno tanah Kanaan (yang sesuai nama Yunani Phoenicia, yang berarti "negeri ungu") adalah pusat dari industri pewarna ungu kuno.

"Tyrian Purple," pewarna ungu dari yang disebutkan dalam teks-teks kuno datang kembali ke sekitar 1600 SM, dihasilkan dari lendir dari kelenjar hypobranchial berbagai jenis moluska laut, terutama Murex. Butuh beberapa kerang 12.000 untuk mengekstrak 1,5 gram pewarna murni. Legenda memberikan penemuannya kepada Herakles, atau lebih tepatnya untuk anjingnya, yang mulutnya berwarna ungu dari mengunyah bekicot sepanjang Levantine pantai. Raja Phoenix menerima jubah berwarna ungu dari Herakles dan menetapkan penguasa Phoenicia harus mengenakan warna ini sebagai simbol kerajaan.

Di Roma, Mesir, dan Persia, warna ungu digunakan sebagai standar kekaisaran. Pewarna ungu yang langka dan mahal, hanya orang kaya memiliki akses kepada mereka. Colorants ungu yang digunakan berasal dari sumber yang berbeda, kebanyakan dari ekstraksi zat warna dari ikan atau serangga.

Dengan penurunan Kekaisaran Romawi, penggunaan "Tyrian Purple" juga menurun, dan produksi skala besar berhenti dengan jatuhnya Konstantinopel pada tahun 1453 M. Saat itu diganti dengan yang lebih murah seperti lumut pewarna ungu dan marah.

Paus Paulus II pada 1464 memperkenalkan apa yang disebut "Kardinal's Purple," yang warna merah tua yang diekstrak dari Kermes serangga. Ini menjadi bahan celup mewah pertama dari Abad Pertengahan.

Ungu adalah campuran warna panas dan dingin, sebagai refleksi dari merah dan biru, karena itu warna ini merupakan refleksi dari kehangatan dan kesejukan. Sebuah ruangan yang berwarna ungu bisa meningkatkan imajinasi anak atau kreativitas seniman, mungkin itu kali ya bikin temanku pintar sekali nulis.

Dalam budaya berbagai negara, warna ungu juga memegang banyak peranan. Seperti di Indonesia, warna ungu identik dengan janda. Di Thailand warna ungu juga merupakan warna berkabung bagi para janda. Ungu juga adalah warna favorit Mesir Cleopatra. Jubah ungu banyak dipakai oleh bangsawan dan orang-orang otoritas atau pangkat tinggi. The Purple Heart adalah hiasan Militer AS diberikan kepada prajurit yang terluka dalam pertempuran.

Nah,kenapa warna ungu diidentikan dengan janda? Dari berbagai sumber aku menemukan sedikit analsis mengenai warna ungu yang memang memberi rasa sensual yg lebih tinggi. Hal-hal yang terkait dengan sensual yg tinggi dengan mudah dikaitkan dengan "janda". Beberapa orang memang mempunyai pemahaman seperti itu sehingga mengkonotasikan bahwa ungu = janda, sehingga orang-orang itu (wanita tentunya) tidak mau memakai warna ungu.


Katanya warna ungu berarti : menunjukkan pengaruh, pandangan ketiga, kekuatan spiritual, pengetahuan yang tersembunyi, aspirasi yang tinggi, kebangsawanan, upacara, misteri, pencerahan, telepati, empati, arogan, intuisi, kepercayaan yang dalam, ambisi, magic atau keajaiban, harga diri.


Kalo warna Ungu (Violet) menjadi warna favorit kamu maka kamu adalah tipe yang benar-benar luar biasa. Dalam menghadapi masa depan kamu tidak pernah ragu-ragu, apa yang dikerjakan kamu adalah yang terbaik. Kamu pandai benar dalam mengikuti perkembangan jaman. seorang negosiator yang punya keinginan kuat untuk menyenangkan diri dan orang lain. Walaupun umumnya disukai orang, ia tidak mudah bersikap terbuka dan suka menikmati suasana yang sedikit misterius. Dalam bercinta, hanya merekalah yang kuat mental yang bisa mendekati dan menjadi kekasih kamu.


I LOVE PURPLE SO MUCH.

You May Also Like

0 komentar

GOODREADS

Vicantika (Nurlovi Lestari)'s books on Goodreads
Online Wedding Online Wedding
reviews: 7
ratings: 38 (avg rating 2.95)

Bride Wars Bride Wars
reviews: 2
ratings: 27 (avg rating 3.63)